VW Combi Retro Investasi mobil Klasik

VW combi (kombi) adalah mobil Minibus atau Van keluaran Volkswagen (pabrikan otomotif asal jerman) yang dipasarkan di Indonesia mulai tahun 1968 hingga 1985, VW combi pertama kali diproduksi di jerman tahun 1950 yang diambil dari basis VW kodok (VW tipe 1), VW combi ini juga disebut VW tipe 2 karena dikembangkan dari basic VW tipe 1.

VW kombi dibuat untuk memenuhi kebutuhan mobil yang multifungsi, bisa untuk membawa penumpang yang cukup banyak dan juga bisa untuk membawa barang, bahkan bisa untuk penumpang sekalian barangnya, oleh karena itu jok atau kursi VW kombi bisa dilipat yang memudahkan jika ingin membawa barang (jaman dulu melipat jok termasuk baru).

VW combi mulai masuk Indonesia sekitar tahun 1963 sampai tahun 1985 (cukup lama), vw combi ini memiliki konfigurasi 3 baris kursi yang masing-masing baris bisa diisi dengan 3 orang penumpang. Sementara ruang bagasi VW combi terletak di belakang di atas mesin mobil, nah yang unik mesin VW combi ini letaknya di belakang (dibawah kaca belakang mobil). Sistem penggeraknya memakai penggerak roda belakang dengan sistem transmisi manual 4 kecepatan.

Spesifikasi VW Combi

Panjang mobil VW combi 4505 mm, lebar 1720 mm dan tinggi 1940 mm. Desain yang sangat lapang untuk ukuran mobil berkapasitas 9 orang penumpang, tetapi 9 orang penumpang bisa dengan lega duduk di dalam kabin VW combi ini, bahkan mungkin 1 baris kursinya bisa diisi dengan 4 orang penumpang mskipun berdesakan. Untuk muatan total VW kombi ini mampu memuat beban sebanyak 1000 Kg, ya kalau rata-rata orang indonesia beratnya 60 kg, jika mobil ini diisi penuh 9 orang beratnya 540 Kg sisanya bisa untuk barang (besar banget daya angkut vw combi ini)

Untuk mesin VW combi yang dipasarkan di Indonesia memakai mesin 4 silinder berbahan bakar bensin berkapasitas 1600 cc, mesin VW combi mampu menghasilkan tenaga 48 Ps pada putaran mesin 2000 Rpm dan torsi 104 Nm pada 2200 Rpm dengan sistem pendingin mesin hanya memakai udara. Pada Combi keluaran tahun 1971 ke atas tenaga mesin sedikit lebih besar yakni 50 Ps pada 4000 Rpm, dan torsi maksimumnya juga lebih besar yakni 106 Nm pada 2800 Rpm.

VW Combi mobil Retro untuk Investasi

Tak hanya orang tua yang gemar akan mobil tua, anak muda milenial jaman sekarang pun juga banyak yang hobi mobil klasik seperti VW kombi ini, jika dirawat dengan benar VW kombi masih layak dipakai untuk jalan-jalan dengan penumpang yang cukup banyak, asalkan medannya tidak ekstrim ya misalnya hanya untuk hangout di sekitar kota atau liburan ke pantai seperti ancol yang mudah dijangkau, VW combi masih recomended.

Saat ini banyak anak muda yang memodifikasi VW combi ada yang dipertahankan keorsinalitasnya, ada yang menjadikannya mobil yang fun dengan warna bergambar-gambar, ada yang menjadikannya mobil travelling, ada yang menjadikan VW combi ini campervan, ada juga yang menjadikan VW combi mobil food truck. VW combi ini selain mudah dimodifikasi juga sangat iconik.

Mobil VW combi pada jamannya tahun 70 an 80 anbisa dimanfaatkan menjadi berbagai macam peruntukan mulai mobil angkutan umum, mobil ambulans, mobil pemadam kebakaran, mobil pribadi, mobil jenazah dan lain sebagainya. Banyak sekali pemanfaatan mobil vw combi ini pada jamannya

Banyak anak muda melihat celah bahwa mobil VW combi bisa dibuat investasi, artinya makin hari mobil ini bakal makin mahal karena makin antik dan tak lekang waktu, bodinya juga terbuat dai material yang sangat bagus sehingga tak mudah keropos apalagi buatan jerman. Mobil buatan jepang saja yang tahun 60-70 an juga tak keropos apalagi buatan eropa (Jerman).

Harga VW Combi

Harga mobil klasik sangat bervariasi tergantung kondisi dan tergantung penjualnya dilepas berapa, mobil tua kondisinya sangat beragam apa lagi yang usianya lebih dari 30 tahun. Dari pantauan admin di situs online/ marketplace, VW combi dijual mulai rentang harga 70 jutaan sampai 200 juta rupiah, nah bagi yang berminat mengoleksi mobil ini sebenarnya tidak terlalu mahal untuk mobil klasik atau mobil koleksi sekaligus investasi kan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Ban Jenis HT, AT, MT, ECO, Semi Slick

Tips Ganti Velg Mobil di Bengkel

VW Kodok Investasi mobil retro klasik anak muda