Kelebihan Kijang Super, Extra dan Grand Extra Mobil Paling Disukai 90 an
Toyota Kijang Super, Kijang Extra dan Grand Extra adalah mobil jenis MPV (mobil minibus/ mobil keluarga) yang dikeluarkan Toyota Astra Motor di era 90 an, mengusung mesin berkapasitas 1500 cc bertenaga 63 Hp dan kapasitas penumpang hingga 9 orang membuat Toyota kijang menjadi mobil paling digemari konsumen otomotif Indonesia saat itu. Kelebihan lain adalah mobil ini mudah dalam hal perawatan dan mobil serba guna dipakai untuk banyak penumpang dan barangnya, hemat bahan bakar juga menjadi keunggulan Toyota kijang kala itu.
Spesifikasi Mesin Toyota Kijang Super, Extra dan Grand Extra
Kijang Super atau Super Kijang yang keluar mulai 1985 sebenarnya adalah generasi ke 3 setelah kijang generasi pertama yakni kijang tepak/ kijang kotak atau kijang buaya atau kijang doyok yang keluar tahun 1977-1980 yang bermesin 1200 cc bertenaga 48 Hp, kemudian generasi ke dua kijang antara tahun 1981-1985 yang menambah kapasitas mesin 100 cc menjadi 1300 cc dan bertenaga sekitar 50 Hp.
Super Kijang atau Kijang super yang keluar mulai tahun 1986 sampai 1996, awal tahun 1986 kijang memakai mesin bensin berkapasitas 1500 cc yang bertenaga 63 Hp, namun pada tahun 1993 ekstra yang mengalami peningkatan performa masin menjadi 73 HP, lalu pada tahun 1995 keluar kijang grand ekstra yang bermesin 1800 cc dengan tenaga 87 Hp.
Mobil Keluarga/ Minibus/ MPV mulai digemari tahun 90 an
Tahun 90 an adalah awal kejayaan mobil keluarga (sekarang mobil MPV), dipelopori oleh mobil keluaran Toyota yakni Kijang Super pada akhir tahun 80 an, kemudian Rivalnya dari Isuzu mengeluarkan MPV bermesin Diesel yakni Isuzu Panther, lalu pada awal tahun 90 an Toyota mengeluarkan seri terbaru dari kijang yakni Toyota Kijang Extra dan Grand Extra.Jika tahun-tahun sebelumnya mobil untuk minibus identik dengan daya muat penumpang tapi minim kenyamanan, tetapi hadirnya kijang super ini membuat perubahan bahwa mobil penumpang juga bisa nyaman senyaman sedan, tetapi juga mampu memuat banyak penumpang hingga 9 orang.
Mobil yang cukup cantik dengan perawatan yang mudah, hemat bahan bakar, daya muat penumpang banyak dan kenyamanan setara sedan di tahun itu, tenaga juga cukup besar.
Pada tahun tersebut mobil Toyota Kijang sangat disukai karena memiliki kapasitas penumpang yang banyak yakni mampu memuat 9 orang penumpang dengan konfigurasi baris pertama 2 orang, baris kedua 3 orang dan baris ketiga 4 orang.
Selain itu tenaga mobil ini juga terbilang besar saat itu yakni 63 Hp dan torsi maksimumnya 110 Nm pada putaran mesin 2800 Rpm. Jika dibandingkan dengan mobil jaman sekarang tentunya sangat jauh ya efisiensi mesinnya, tetapi untuk jaman tahun 80-90 an itu sudah sangat bagus.
Sejarah Toyota Kijang Doyok, Super, Extra dan Grand Extra
Mobil kijang super sebenarnya adalah generasi ke 3 dari mobil kijang yang pertama kali dikeluarkan tahun 1977-1980 yakni kijang buaya atau kijang kotak atau kijang tepak, kijang generasi kedua diproduksi Toyota Indonesia antara tahun 1981 sampai 1985 (tak banyak ubahan bodi, hanya perubahan kapasitas mesin menjadi 1300 cc). Sedangkan tahun 1986 sampai tahun 1996 adalah generasi ke 3 dari mobil kijang yang di dalamnya ada kijang super, kijang extra dan kijang grand extra.
Pada generasi pertama mobil kijang ini sebenarnya bukanlah mobil penumpang, akan tetapi mobil untuk niaga/ mobil pikup pada tahun 1977, mobil kijang pickup ini bersaing ketat dengan colt T20 yang saat itu menguasai pasar mobil niaga tanah air.
Karena toyota kijang makin digemarin yang mengalami permintaan pasar yang terus membaik, Toyota melakukan perubahan strategi dengan menggandeng karoseri untuk mulai menjadikannya mobil penumpang. Toyota menggandeng karoseri ini terkait dengan kebijakan pemerintah yang membatasi import mobil penumpang dalam keadaan utuh.
Tahun 90 an adalah kejayaan ekonomi indonesia yang maju dengan sangat cepat yang bahkan Indonesia dijuluki dengan Macan Asia", selera masyarakat juga mulai bergeser dari yang dulunya banyak membeli mobil untuk untuk mengangkut penumpang menjadi untuk gaya hidup/ life style (tak hanya sekedar alat transportasi barang ataupun orang) yang mengedepankan fitur, kenyamanan, gengsi dan lain sebagainya. Kijang mengambil pasar tersebut, mobil yang cantik, nyaman, irit, handal dan serbaguna.
Mobil Kijang 90 an saat ini
Toyota kijang 90 an di tahun 2023 saat artikel ini ditulis telah berusia rata-rata 20-25 tahun lebih, tentunya banyak sekali yang sudah rusak karena pemakaian yang lama ya, tak sedikit yang sudah jadi bangkai bahkan mungkin sudah tak berupa mobil lagi tetapi jadi rongsokan.
Tapi juga tak sedikit yang masih memeliharanya, merawatnya untuk jadi mobil koleksi, untuk jadi mobil harian juga banyak, meskipun secara efisiensi mesin maupun performa juga gengsi sudah kalah jauh dengan performa mobil-mobil baru jaman sekarang seperti innova/ xpander/ avanza dan lain-lain.
Harganya sekarang mungkin berkisar antara 15 juta sampai 40 juta rupiah tergantung tahun, kondisi mesin, kondisi bodi, kelengkapan surat kendaraan, dll. Mengingat mobil ini yang kondisinya jelek juga banyak yang keropos ya, tapi yang kondisinya masih bagus juga tak keropos juga dan mesin masih halus.
Bahkan yang unik Toyota kijang 90 an ini jadi mobil koleksi, pada beberapa marketplace Toyota kijang grand extra yang masih orosinil bahkan ditawarkan dengan harga diatas 100 juta. Nah siap-siap nih bagi yang suka mobil kijang ini jangan malu memeliharanya ya... termasuk saya penulis ini yang suka banget dengan mobil kijang super yang dulu sempat dibelikan ayah 😂
Komentar
Posting Komentar