Cara Mengetahui Kerusakan Mesin dari Busi
Kerusakan mesin mobil bisa dilihat dari businya, ada yang busi berjelaga, busi hitam pekat, busi berwarna coklat, busi berwarna kekuningan atau kemerahan, terdapat kerak, busi meleleh, sampai busi basah karena oli. Nah berbagai kondisi busi tersebut mencerminkan kesehatan mesin/ bagaimana sistem pembakaran pada kendaraan (mobil/ motor) bekerja.
Busi merupakan salah satu komponen terpenting dalam sistem pembakaran mobil/ motor yang berbahan bakar bensin, fungsi busi mobil/ motor adalah memberikan percikan api di dalam ruang bakar yang akan membakar BBM (bensin) dan memberikan tenaga pada piston (menggerakkannya).
Keusakan pada sistem pembakaran mobil biasanya akan terlihat/ berdampak pada businya. Tentunya kita sulit mengatahui kerusakan dalam ruang bakar (mesin) kalau tidak membongkarnya? tetapi untungnya kerusakan/ kesehatan mesin dapat dilihat dari kondisi businya.
Berikut ini beberapa kondisi pada busi dan kerusakannya pada mesin kendaraan:
Busi yang berwarna hitam tipis dan mudah dibersihkan
Kadang-kadang kita ingin mesin kita sempuurna dan gelisah saat melihat busi kita menghitam tipis, tetapi warna hitam tipis pada busi dan yang mudah dibersihkan sebenarnya tanda jika mesin dalam keadaan baik-baik saja. Tak mungkin busi tetap bersih seperti baru (belum dipakai) karena adanya aktivitas pembakaran yang membuat adanya warna sedikit hitam.
Busi Berjelaga/ Endapan Karbon/ Angus
Busi berjelaga atau ada endapan karbon/ kotoran hitam seperti angus/ sisa pembakaran yang menumpuk. Hal ini biasanya disebabkan oleh rasio antara BBM dan udara yang kurang tepat, bisa karena setingan karburator yang kurang tepat atau filter udara kotor.
Busi berwarna kebiru-biruan
Busi yang berwarna kebiru-biruan juga mengindikasikan kurang bagusnya sistem pembakaran pada ruang bakar, dimana campuran udara dengan BBM yang kurang pas (dalam hal ini terlalu banyak udara), yang membuat busi terlalu panas dan menyebabkan warna busi menjadi kebiruan.
Busi kotor & berkerak hitam tebal
bui yang sangat kotor dengan kerak hitam yang tebal (seperti oli terbakar) ini biasanya menandakan kerusakan yang cukup parah yakni adanya oli yang masuk ke ruang bakar, oli ini bisa masuk bisa karena dinding silinder yang aus/ baret, juga bisa karena ring piston yang lemah.
Oli yang masuk ruang bakar akan ikut terbakar bersama BBM dan membentuk kerak pada rang bakar, piston sampai busi. Jika terjadi kondisi ini biasanya ada tanda lain yakni: knalpot jadi keluar asap putih cukup tebal dan tidak berhenti asapnya, tarikan mobil jadi berat, lebih boros BBM. Jika terjadi kondisi ini maka mobil harus turun mesin untuk membenahinya.
Busi terbakar/ meleleh
Busi yang terbakar ini terlihat pada bagian elektrodanya yang terbakar gosong atau meleleh. Penyebab busi terbakar ini antara lain: mesin terlalu panas (overheat), pemasangan busi terlalu longgar, gap busi terlalu besar, timing yang tidak tepat, setelan bahan bakar yang kurang tepat. Solusi busi terbakar adalah ganti busi, dan juga periksa apa kira-kira penyebabnya.
Busi Aus
Busi yang aus bisa terlihat dari elektroda yang terkikis akibat terlalu lama (usia pakai busi). Busi yang aus ini menyebabkan sulit timbul percikan api sehingga mobil sering tersendat-sendat, mobil/ motor sering sulit distarter, tenaga maksimum mobil juga sulit dicapai (daya maksimum berkurang). Jika busi aus solusinya ganti dengan yang baru.
Busi Basah karena BBM
Busi basah yang disebabkan karena bensin ini dapat dengan mudah dilihat saat kita mencopot businya dan terlihat basah tetapi bukan basahan oli, busi basah oleh bensin ini penyebabnya bisa karena setelan karburator yang kurang pas, bisa karena percikan api kecil, atau juga bisa karena pengapian gagal misalnya CDI bermasalah.
Busi basah karena oli
Jikaa busi basah akibat oli maka basahannya berwarna hitam khas basahan oli, hal ini bisa terjadi karena dinding silinder bocor atau ring piston aus. Busi basah karena oli ini juga menunjukkan kerusakan yang cukup parah karena untuk mengatasinya mobil/ motor harus turun mesin.
Busi berwarna kekuningan atau kemerahan
Busi berwarna kekuningan atau kemerahan ini menunjukkan panas yang berlebih pada mesin, biasanya masalah terjadi pada radiator/ pendingin mesin mobil yang tidak bekerja dengan optimal.
Buai berwarna Kecoklatan
Jika busi mobil anda berwarna kecoklatan, artinya usia pakai busi mobil sudah mau habis atau busi sudah terlalu lama dipakai, sebaiknya sgera ganti busi.
Selain dari kondisi busi, kerusakan mesin mobil juga bisa dilihat dari kondisi knalpotnya, next kita ulas bagaimana mengetahui kerusakan mesin mobil/ motor dengan cara melihat knalpotnya (knalpot mobil/ motor).
Komentar
Posting Komentar